oleh

Bupati Rohul Membawa Pistol Dalam Acara Resmi Hanya Untuk Gaya

-daerah-16 views
Rokan Hulu, detik91.com- Bupati Rokan Hulu (Rohul), Riau, Sukiman mengaku bahwa, membawa senjata jenis air soft gun di acara resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) hanya untuk gaya, Rabu (6/11/2019).
Bupati Sukiman menjadi viral, usai tertangkap kamera membawa pistol atau sejenis senjata api di kegiatan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu.
Menurut Sukiman bahwa, pistol tersebut bukanlah senjata api, melainkan air soft gun atau senjata angin.
“Itu air soft gun,” kata Sukiman kepada wartawan usai mengembalikan formulir pendaftaran penjaringan di Markas Dakwah DPD PKS Kabupaten Rohul, Rabu sore.
Ia pun mengatakan, tujuannya membawa pistol itu hanya untuk gaya-gayaan. “Untuk gaya-gaya saja,” ujarnya lagi seraya tertawa.
Menurutnya, apa yang ia lakukan tersebut bukanlah sebuah kesalahan.
“Bukan apa-apa kok. Memang (membawa pistol air soft gun) untuk menyembelih orang?,” tuturnya.
Sukiman merupakan purnawirawan tentara terakhir pangkatnya Letnan Kolonel. Ia mengatakan hingga kini sifat militernya masih ada.
Sehingga, jelasnya, membawa air soft gun saat acara kedinasan diikuti ratusan peserta di lapangan terbuka itu tidak melanggar.
“Saya kan (purnawirawan) tentara. Sifat militer masih ada,” katanya lagi. Sukiman mengaku telah mendapat izin dari Perbakin untuk memiliki dan menggunakan pistol tersebut.
Dalam foto beredar itu terlihat Bupati Rohul ini mengenakan pakaian dinas bupati warna cokelat. Sementara di pinggangnya, tersemat pistol yang diduga senjata api. Pistol itu tampak jelas dan mencolok.
Juga terlihat sangat janggal ketika seorang Bupati membawa pistol, terlebih lagi Rokan Hulu dikenal sebagai wilayah aman dan jauh dan konflik selama ini.
Masih dalam foto yang sama, Sukiman juga terlihat didampingi Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting. Hingga berita ini dirillis belum ada keterangan resmi dari Sukiman maupun Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu terkait foto yang beredar itu.
Meski begitu, Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting yang dikonfirmasi wartawan membenarkan bahwa Sukirman membawa pistol. Namun dia membantah jika pistol itu adalah senjata api.
“Informasi dari beliau (Bupati Sukiman), itu bukan senjata api, tapi air soft gun,” terangnya.
“Kalau air soft gun tidak ada masalah, tak perlu (surat) izin,” pungkasnya. (Mukhlis)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed