oleh

Terlalu, Kepala Desa Sukolilo di Duga Selewengkan Dana Desa

-headline-3.205 views

Kab. Malang, detik91.com-  Kepala desa (Kades) Sukolilo kecamatan Jabung, Lucky Hermawan di duga selewengkan dana desa. Pasalnya, dana pembelian material untuk proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari dana desa di tahun 2018, hingga kini belum terbayarkan.

Saat dikonfirmasi oleh awak media, Kades Sukolilo berjanji melalui pernyataan yang di buatnya, akan menyelesaikan tagihan meterial  kepada pemilik bahan bangunan, NR (inisial, Red) pada Februari, namun hingga kini janji tersebut tak kunjung diselesaikannya.

“Dana tersebut saya gunakan untuk mengembalikan dana desa dan menutup uang pajak,” jelas Lucky saat menemui awak media (20/01/2020).

Ditambahkan Lucky yang akrab di sapa dengan panggilan Luken menyatakan, dana sebesar Rp 30.000.000,- akan di selesaikan pada bulan Februari.

Tetapi janji hanyalah tinggal janji, karena hingga kini luken belum bisa membayar pembelian material tersebut, setiap dirinya di tagih berbagai jurus alasan dan janji selalu di gunakannya. Atas kejadian tersebut, NR berharap ada penanganan dari Aparat Penegak Hukum (APH) atau pemerintah untuk ikut membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Camat Jabung, Hadi Cipto saat di lapori awak media terkait kasus tersebut menyatakan akan memfasilitasi penyelesaian masalah, dan memanggil kepala desa Sukolilo.

“Saat saya tanya kepada Kades dijawab sudah selesai, kalau memang belum selesai nanti saya coba untuk panggil Kades menanyakan bagaimana penyelesaiannya,” ucap Camat Jabung.

Sebelumnya, Sekretaris Inspektorat Kab. Malang, Wahyu Lasiandra kepada awak media menerangkan, bahwa pada Prinsipnya pemanfaatan DD harus sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan dalam APBDes.

”Kalau sampai ada yang belum terbayarkan untuk giat tahun sebelumnya, berarti ya perencanaan lemah, dan kalau ada kekurangan dana untuk fisik dilapangan harusnya bisa direncanakan secara bertahap, tidak dipaksakan dengan hutang,” tandasnya. (Red)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed