oleh

Ketua PWI Malang Raya Jelaskan Terkait Pernyataannya

-daerah-10.113 views

Kab. Malang, detik91.com – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Malang Raya, Cahyono saat ini menjadi perbincangan di kalangan wartawan Malang. Dengan pernyataannya, yang menyatakan narasumber bisa menolak jurnalis abal-abal yang belum memiliki kartu Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang disampaikan saat gelar acara One Day Training Jurnalis Era Digital dan Protokol, oleh PWI Malang Raya bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) di Tugu Tirta Kota Malang pada, (29/05/2021) yang lalu.

Sedangkan di dalam Undang-undang nomor 40 Tahun 1999 tentang pers, tidak ada yang menyebutkan seperti itu, sontak menimbulkan Pro dan Kontra di kalangan wartawan Malang Raya.

Saat di konfirmasi oleh puluhan wartawan pada, Rabu (09/06/2021) kemarin di hotel Ibis Style Malang, dalam giat Sosialisasi Kode Etik Jurnalistik (KEJ) yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang Cahyono (ketua PWI) mengatakan, jangan salah mengartikan.

“Maksud saya wartawan abal-abal itu, orang yang mengaku wartawan namun tidak mempunyai media. Kalian semua kan punya media, masak mau dianggap wartawan abal-abal, tidak mau kan,” katanya.

Ia juga membantah telah mengaitkan wartawan yang belum UKW sebagai wartawan abal-abal dan narasumber berhak menolak.

Menurut Ketua Bidang Organisasi MOI, Roni mengatakan, bahwa pernyataan yang mengatakan bahwa narasumber boleh menoolak wartawan belum UKW sebagai pernyataan yang menodai kemerdekaan dan kebebasan pers.

“Sebagai ketua PWI semestinya bisa membagikan ilmu jurnalis yang sukses, bukan memprovokasi sehingga menimbulkan polemik bagi wartawan yang lain dalam menjalankan tugasnya, dan seharusnya ketua PWI dari awal menjelaskan dengan gamblang yang di sebut Wartawan abal-abal yang seperti apa biar tidak menyinggung wartawan yang lain,” ucap Roni.

Di tempat yang sama juga puluhan wartawan konfirmasi Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri Dewan Pers, Agus Sudibyo terkait wartawan yang belum UKW apa di katakan wartawan Ilegal dan narasumber berhak menolak?,namun hanya di jawab nanti saya cek dulu.

Nanti saya cek dulu,” jawabnya. (Hana)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed